Wisata Alam Balong Dalem Yang Sarat Akan Sejarah

Balong Dalem Memiliki luas area sekitar 6,5 hektar yang sebagian besar ditumbuhi pepohonan tropis yang berusia puluhan tahun. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota kuningan yaitu 8,5 km dari pusat kota. Jika dari cirebon pengunjung dapat menempuh perjalanan kurang lebih 28 km. Dan apabila dari Majalengka pengunjung dapat menempuh perjalanan kurang lebih 49 km.

Sejarah
Situs Balong Dalem berasal dari bahasa Sunda balong yang artinya kolam. Sementara dalem mengacu pada status sosial seseorang. Banyak yang mengatakan bahwa situs ini berkaitan erat dengan keberadaan Buyut Bayu Sultan atau Matangaji. Beliau datang dari Kesultanan Cirebon. Beliau menetap dan meninggal dalam menyebarkan agama Islam di desa Babakan Mulya.

Di dalam area objek wisata ini terdapat mata air yang terletak di antara batu yang berdampingan. Masyarakat sekitar mengenalnya dengan batu kawin. Di area wisata alam ini juga terdapat situs makam Buyut Bayu yang letaknya tidak jauh dari mata air tersebut. Tidak sedikit juga pengunjung dari luar kota yang berziarah ke makam tersebut.

Fasilitas
Balong Dalem memiliki keunggulan dengan area camping ground yang cukup luas dengan kapasitas peserta sampai 1000 peserta. selain itu juga terdapat fasilitas kolam renang alami, mini resto, penginapan (Deluxe, Standart), Gazebo, Mushola, Toilet, Jalur Hiking.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional
Harga tiket masuk wisata ini masih sangat terjangkau yakni Rp 10.000/orang. Bila ingin camping menginap cukup dengan biaya 20.000/orang. Sedangkan harga untuk penginapan mulai dari 300.000/kamar dengan jumlah kamar 12 kamar. Wisata Alam ini memiliki jam operasional selama 24 jam setiap hari.

AdminSu

Fb : facebook.com/visitkuningan Instagram : @visitkuningan

Tinggalkan Komentar