Kenalkan Seni Membatik Sejak Dini

 

Indonesia sangat kaya akan kain batik. Hampir setiap daerah di Indonesia, memiliki potensi batik. Saat ini, batik juga seolah melekat pada perkembangan fashion Indonesia. Membatik merupakan suatu seni melukis di atas kain menggunakan canting dan tinta khusus dengan berbagai motif. Saat ini, pekerjaan membatik tidak hanya dilakukan oleh pengrajin. Tetapi masyarakat pada umumnya dapat membatik sesuai dengan keinginan sendiri. Dewasa dan anak - anak pun dapat melakukannya. 

Membatik pada anak - anak pun dapat melatih psikomotorik anak agar lebih seimbang antara otak kanan dan kiri.  Anak-anak, tidak hanya harus difokuskan pada pemberian materi pelajaran saja (sekolah formal). Secara mental dan perkembangan kepribadian anak, kegiatan di luar pelajaran akademik juga dibutuhkan. Contohnya adalah membatik. Membatik sendiri merupakan perpaduan antara seni dan kesabaran.

Membatik dapat menstimulasi anak dalam menumbuhkan kecintaannya terhadap seni budaya. Dengan adanya kegiatan ini dapat mengalihkan perhatian anak terhadap budaya- budaya Barat yang mulai masuk ke Negara kita dan juga mengalihkan anak-anak dari ketergantungan gadget.

Pengenalan budaya batik khususnya pada anak sangat penting untuk melestarikan warisan budaya bangsa dan juga untuk menumbuhkan kecintaan anak pada warisan budaya Indonesia. Kegiatan membatik memberikan dampak positif pada anak karena dapat menstimulasi anak dalam menumbuhkan daya imajinasi, kreativitas, koordinasi, keseimbangan dan motorik. 

Kini, membatik dapat dilakukan di Objek Wisata Balong Dewa Cigugur setiap hari minggu. Selain berwisata, menikmati terapi ikan, melihat atraksi kesenian sunda, pengunjung juga dapat belajar membatik. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Perumda Aneka Usaha Kabupaten Kuningan dengan Pengrajin Batik Sagara Gebang. Pengrajin Batik Sagara Gebang sendiri akan bertindak sebagai tutornya.

Din A

Marketing Enthusiast

Tinggalkan Komentar