Mari Mengenal Sejarah Kemerdekaan Indonesia dari Kota Kuda Kuningan

Kuningan sebuah kota kecil yang terletak di timur Jawa Barat. Secara geografis, Kabupaten Kuningan berbatasan sebelah utara dengan Kabupaten Cirebon, barat dengan Kabupaten Majalengka, timur dengan Kabupaten Brebes, selatan dengan Kabupaten Ciamis. Ketika bicara tentang Kuningan akan banyak ditemukan hal-hal yang istimewa.

Pertama, Gunung Ciremai. Gunung tertinggi di Jawa Barat ini lebih dari separuhnya berada di wilayah administratif Kabupaten Kuningan. Keberadaan Gunung Ciremai menjadi keberkahan tersendiri bagi Kabupaten Kuningan. Gunung Ciremai menjadi produsen air yang sangat melimpah. Sehingga menjadi penyuplai air bersih ke kabupaten/kota Cirebon dan Kabupaten Brebes.

Kedua, obyek wisata alam. Tidak dapat dipungkiri, selain sebagai penyuplai kebutuhan air, keberadaan Gunung Ciremai juga menjadi sumber bermunculannya obyek wisata alam. Sebagian besar obyek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan berada di sekitar kawasan Gunung Ciremai.

Ketiga, sejarah. Hal yang paling istimewa yang dapat kita gali dari Kabupaten Kuningan adalah dari sisi sejarah. Banyak peninggalan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh bangsa Indonesai yang berada di Kabupaten Kuningan. Salah satu yang sangat terkenal dan menjadi bagian dari sejarah nasional adalah sejarah Perundingan Linggarjati. Pasti kita semua tahu, berawal dari peristiwa Perundingan Linggarjati ini cikal bakal berdirinya Republik Indonesia.

Berdasarkan catatan sejarah, peristiwa Perundingan Linggarjati terjadi pada tanggal 10-12 November 1946. Langkah ini merupakan cara pemerintah mengusir penjajah Belanda lewat jalur hukum. Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Soesanto, Tirtoprodjo, Mr. Mohammad Roem, dan Dr. A. K Gani sedangkan pihak Belanda diwakili oleh Prof. Mr. Schrmerhorn, Dr. F. De Boer, Mr. Van Poll, Dr. Van Mook dan seorang mediator dari Inggris bernama Mr. Lord Killearn.

Dari perundingan ini dihasilkan 3 kesepakatan, yaitu Pertama Belanda secara de facto mengakui Republik Indonesia dengan wilayah meliputi Sumatera, Jawa dan Madura dan Belanda harus meninggalkan ketiga daerah tersebut paling lambat tanggal 1 Januari 1949. Kedua Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk negara Indonesia Serikat dengan nama Republik Indonesia Serikat yang salah satu negara bagiannya adalah Republik Indonesia. Ketiga Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Indonesia Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.

Hasil perundingan ini lalu menghasilkan naskah pesetujuan Linggarjati atau lebih dikenal dengan Perjajian Linggarjati yang disepakati di Jakarta pada 15 November 1946.
Dan, tahukah Anda kalau Perundingan Linggarjati tersebut terjadi di sebuah rumah kuno Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan yang kini bernama Musium Gedung Naskah Perundingan Linggarjati.

AdminSu

Fb : facebook.com/visitkuningan Instagram : @visitkuningan

Tinggalkan Komentar